Pendidikan Diniyah Cikal Bakal Anak Bangsa

Cibinong (INMAS Kab Bogor) 

Pada tahun 2019, Kantor Kemenag Kabupaten Bogor menerima dana hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor sebesar Rp. 11.750.000.000. Dana hibah ini telah didistribusikan kepada  organisasi lembaga Keagamaan Diniyah  yang berjumlah 911 lembaga, kepada guru TKQ/TPQ  dan Guru Diniyah berjumlah 9055 orang.

Selasa (21/1), bertempat di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Bogor diselenggarakan kegiatan evaluasi penyaluran hibah bantuan operasional pendidikan BOP dan Tunjangan Fungsional Guru (TFG) Madrasah Diniyah, TPQ/TKQ Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2019. 

Acara evaluasi ini dipandu oleh Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, H. Sihabudin, selaku penyelenggara kegiatan. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor, H. Dadang Ramdani menyampaikan arahan sekaligus pembinaan kepada peserta yang hadir.

“Hibah dari Pemda Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2019 diperuntukkan bagi organisasi Pendidikan Agama di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Selanjutnya Ia mengungkapkan, “Banyak kehawatiran pada saat penyaluran bantuan ini terutama pada pengelolaan data, sehingga  harus sesuai dengan aturan, regulasi, dan akuntabilitas.”

Data yang dieksekusi langsung oleh Kemenag, Ia menegaskan bahwa data harus terpenuhi aspek-aspek legalitas, kekuatan hukum, prosedur. “Guru yang menerima hibah harus ada lisensi hukum dari wilayah kecamatan Satker di ruang lingkup Kemenag,” ujarnya.

Pemberian dana hibah dari Pemkab Bogor, Ia mengakui banyak memberikan dampak positif terhadap layanan pendidikan, penguatkan penyelenggaraan pendidikan diniyah menjadi lebih baik, sehingga pendidikan diniyah lebih berkualitas.

“Pendidkan Diniyah harus dijaga yang merupakan cikal bakal Anak Bangsa, bangun semangat membangun Pendidikan Diniyah. Kedepannya akan menggandeng Seksi Pendidikan Agama Islam selaku Pengawas di Wilayah Kecamatan dan dibentuk Tim koordinasi dengan instansi terkait dan ada sekretariat FKDT,” tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor, H. Dadang Ramdani, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, H. Romdon, undangan sebayak 55 orang perwakilan FKDT Kecamatan, FKPQ Kecamatan dan 4 organisasi TPQ/TKQ yaitu IGTA, IGTKA, LPGTA dan LPPTKA.

Kontributor: R. Dini Diniah

Editor: Novam S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *